PMI Gelar Orientasi Kepalang merahan Bagi Calon Relawan PMI

Slawi –  Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal menggelar Orientasi Kepalangmerahan bagi calon Relawan Korps Sukarela (KSR) Unit Markas PMI, Minggu (4/8). Orientasi yang digelar di Aula PMI Kabupaten Tegal, diikuti oleh sebanyak 42 orang peserta dan acara dibuka secara resmi oleh Ketua PMI Kabupaten Tegal.   

Ketua PMI Kabupaten Tegal, Iman Sisworo dalam sambutannya mengatakan, calon relawan PMI harus memiliki keseimbangan antara jasmani dan rohani agar nantinya dalam mengemban tugas kemanusiaan di masyarakat dapat dilaksanakan secara maksimal.

“Jasmani artinya relawan harus sehat secara fisik dan rohani artinya relawan memiliki rasa kepedulian dan tanggung jawab kepada masyarakat. Dengan orientasi, relawan akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang kepalangmerahan yang akan menunjang dalam tugas-tugas kemanusiaan,”katanya.

Ketua Panitia Penyelenggara, Yusni Ahmad menjelaskan, selama orientasi, para calon relawan mendapat pendampingan dari fasilitator PMI yang terdiri dari unsur Pengurus, Staf dan relawan Pelatih.

“Dalam pelatihan, peserta memperoleh materi Sejarah Gerakan Palang Merah Internasional, Organisasi PMI, Visi dan Misi PMI, Renstra PMI, Saffer Access, Code of Conduct dan kebijakan Relawan PMI,”jelasnya.

Mewujudkan Relawan PMI yang Berintegritas, Tangguh dan Berkarakter

Dalam rekruitmen Relawan Korps Sukarela (KSR) unit Markas PMI Kabupaten Tegal tahun ini nantinya diharapkan tercipta relawan PMI yang berintegritas, tangguh dan berkarakter sesuai tema kegiatan.

Diterangkan Staf Bidang SDM dan Relawan, Thamalia Haristisani, tahapan-tahapan proses rekruitmen relawan PMI Kabupaten Tegal dilakukan sesuai pedoman manajemen relawan, sehingga calon Relawan PMI memiliki kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan.

“Tahap pertama, wawancara dengan calon relawan sudah dilakukan pada minggu yang lalu, tahap kedua orientasi kepalangmerahan dan tahap ketiga adalah diklat KSR 120 jam sebagai inti dalam meningkatkan kapasitas relawan PMI dan akan diprogramkan pada tahun depan,”terangnya.

Ditambahkan Thamalaia, Kegiatan rekruitmen relawan PMI yang diprogramkan Pengurus tahun ini, menunjukan bahwa kepengurusan PMI Kabupaten Tegal periode ini sangat serius membangun PMI Kabupaten Tegal lebih baik lagi.

“Dengan adanya rekruitmen Relawan PMI khusunya Korps Sukarela (KSR) Unit Markas akan memperkuat tugas dan peran PMI dalam mengemban tugas-tugas kemanusiaan, baik di masa normal maupun bencana,”pungkasnya.

Leave a Comment